Senin, 03 Oktober 2016

Beberapa Cara Cepat Mahir Menulis Artikel

Beberapa Cara Cepat Mahir Menulis Artikel

Setiap orang terhadap dasarnya mampu menulis, tetapi banyak dari mereka yang tidak sadar bakal hal tersebut. Mereka berasumsi bahwa menulis merupakan hal yang sulit, bikin pusing, banyak mikir dan sebagainya padahal analisis selanjutnya tidak sepenuhnya benar. Semisal penghasilan penulis artikel bisa setara dengan gaji PNS, benarkah? saja anda mengobrol dengan temanmu, artinya kamu menyeritakan atau mengemukakan suatu hal bukan? Nah didalam menulis pun kamu laksanakan yang sama, yaitu mengemukakan cerita, gagasanmu kepada pembaca.


Tapi bagaimana supaya tulisanmu baik untuk dibaca? Karena tulisan yang bagus bukan berdasarkan panjangnya tulisan tersebut, tetapi dari konten dan isikan dari tulisanmu. Jadi, bagaimana cara supaya anda jadi jago didalam menulis? Yuk simak tips di bawah ini

1. Minimalkan jarak pada pembaca dengan cerita
Banyak yang tidak tahu bahwa paragraf awal didalam sebuah artikel mempengaruhi sikap pembaca untuk membaca suatu tulisan. Apabila paragraf pembuka terlalu panjang, maka bakal membuat pembaca pusing dan kelelahan untuk membaca tulisanmu. Jadi, untuk menulis artikel yang baik, tulislah paragraf yang singkat, dan tidak terlalu bertele-tele. Satu atau dua kalimat pembuka yang bagus akan membuat pembaca betah untuk membaca tulisanmu.

2. Persingkat sebuah paragraf
Mempersingkat semua tulisanmu. Di era digital sekarang ini, orang-orang lebih banyak membaca artikel lewat smartphone. Jadi jika artikel yang kamu bikin terlalu panjang, jasa menulis artikel orang bakal menjadi malas membaca tulisanmu. Memang untuk membuat paragraf yang singkat tidaklah mudah, tetapi hal ini bakal membuat anda naik level didalam menulis. 

Tulisanmu semakin bagus bila anda mampu mempersingkat paragraf dengan menyampaikan inti dari tulisanmu tersebut.  Tetapi harus diperhatikan jangan terlalu pendek, karena mampu membuat pembaca tidak tahu isikan dari tulisanmu. Solusinya? Keep practicing 

3. Buatlah artikel yang singkat, tetapi selamanya berisi
Sekali ulang saya ingatkan untuk selamanya menyingkat kalimat. Kenapa? Karena sebuah artikel yang baik cuma memerlukan kalimat efektif. Bukan kalimat yang berputar-putar dan berkembang tidak tahu juntrungannya. Jelas, tajam dan singkat merupakan elemen yang perlu didalam menulis artikel.

4. Berikan isi
Kebanyakaan artikel selagi ini cuma memuat kalimat kosong yang tidak berarti. Banyak sekali kita mendapatkan judul-judul artikel yang bombastis tetapi isikan artikelnya kosong tidak bermakna. Artikel seperti ini biasanya hanya mengejar kata kunci didalam mesin pencarian, dan lupa esensi dalam menulis artikel.

Jangan menulis artikel cuma semata-mata mengejar obyek atau karena konten saja. Tulislah artikel yang memuat arti dan memberikan pemahaman kepada pembaca. Bila menulis, bayangkan didalam benakmu apabila pembaca mu menanyakan “kenapa” atau “mengapa” mengenai artikel yang dibuat. 

Hal ini mampu mendorongmu untuk menulis dengan menjawab pertanyaan tersebut. Penulis artikel yang baik adalah penulis yang mampu menyampaikan nformasi, menjelaskan sebuah arti atau arti dan membuat pembaca memahami suatu hal didalam artikel yang dibuat.

5. Tell a story
Ceritakan sebuah cerita kepada pembacamu. Setiap orang pasti pernah mendapatkan cerita. Ada yang menurut mereka cerita yang bagus maupun yang buruk. Hal tersebutlah yang harus dikerjakan penulis, yaitu pandai bercerita atau menyampaikan. Cara yang bagus untuk menarik pembaca artikel mu adalah dengan sebuah kejadian, latar tempat atau sebuah alur.

Cerita adalah cara yang bagus didalam membuka sebuah artikel. Cerita juga mampu mengemukakan sebuah inti gagasan. Tidak harus terlalu berlebih dalam menyampaikan cerita, cuma harus ditulis dengan se-efektif mungkin. Intinya adalah, ceritakan secara singkat, sederhana dan tahu dengan begitu artikelmu bakal sendirinya mengalir dengan baik. Perlu diingat jangan menulis suatu hal yang miskin cerita. Karena pembaca bakal lebih tertarik dengan tulisan yang kaya bakal cerita.

Nah itulah lebih dari satu tips untuk kalian yang menghendaki jago didalam menulis artikel. Tulisan yang baik tidak datang dengan begitu saja. Perlu adanya latihan dan dikerjakan berkali-kali supaya penulis mendapatkan tipe dan karakternya sendiri didalam menulis artikel. Selamat menulis  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar